News

sewakantor-update.com

Batam Kian Diburu Pengembang Nasional

Batam Kian Diburu Pengembang Nasional

Batam merupakan kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau. Secara administratif, wilayah Kota Batam mencakup Pulau Batam, Pulau Galang, Pulau Rempang serta pulau-pulau kecil lain yang terletak di kawasan Selat Malaka dan Selat Singapura. Kota yang dijuluki sebagai kota industri ini merupakan kawasan yang letaknya sangat strategis karena sangat dekat dengan Singapura dan Malaysia. Selain berbatasan langsung dengan dua negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia, kota ini juga berada di jalur pelayaran nasional sehingga kota ini semakin dilirik oleh para pengembang dan investor.

Diburu Pengembang

Kota Batam merupakan kota yang tingkat pertumbuhannya paling pesat di Indonesia. Betapa tidak, kota yang dibangun pada tahun 1970-an oleh Otorita Batam yang awalnya hanya dihuni oleh 6 ribu penduduk ini hanya dalam kurun waktu  40 tahun jumlah penduduknya telah bertumbuh hingga 158 kali lipat. Kini, penduduk yang menghuni Kota Batam kurang lebih telah mencapai satu juta penduduk.

Sebagai kota yang letaknya stategis, tentu kota ini banyak diburu oleh pengembang, terutama oleh pengembang dalam bisnis properti. Kota yang awalnya dikenal sebagai kota industri ini kini semakin diburu oleh pengembang. Tidak hanya diburu oleh pengembang nasional tetapi juga oleh pengembang dari negara-negara tetangga. Alasannya adalah Kota Batam kini telah berkembang menjadi kota wisata meskipun awalnya kota ini hanya dikenal sebagai kota industri. Tentu saja, pengembangan Kota Batam ke sektor pariwisata dapat terjadi karena adanya dorongan dari pemerintah daerah yang ingin menjadikan Kota Batam sebagai salah satu destinasi wisata. Pemerintah daerah melalui pembangunan infrastruktur memberikan kontribusi berarti dalam memberikan kepercayaan diri kepada pengembang properti untuk menjalankan bisnis di Kota Batam.

Jika sektor industri Kota Batam membawa banyak pendatang karena adanya lapangan kerja, maka sektor pariwisata yang mulai berkembang di Batam akan mendatangkan turis dan para pelancong. Adanya turis dan pelancong tersebut akan mendorong perkembangan ekonomi dan bisnis properti di Batam karena para pengembang pasti akan melihat hal ini sebagai kesempatan untuk membangun fasilitas akomodasi maupun fasilitas hiburan lain yang bisa mendatangkan lebih banyak turis.

Meskipun termasuk dalam wilayah Indonesia, namun lebih banyak investor asing yang tertarik dengan properti di Kota Batam dibanding investor lokal. Hal ini wajar saja karena letak Batam yang lebih dekat dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Sebagian besar permintaan properti di Batam berasal dari Singapura, yaitu sekitar 50 persen. Karena itulah sangat wajar jika Kota Batam saat ini semakin berkembang.

Pengembang nasional yang memiliki proyek properti di Batam di antaranya adalah PT agung Podomoro Land Tbk., Sinar Mas land, Triniti Land, PT Pollux Properti Indonesia, dan Ciputra Group. Proyek properti yang akan dikembangkan di antaranya adalah rumah tapak, apartemen, Small Office Home Office alias SOHO, area komersial, hingga pusat hiburan dan pusat gaya hidup.

Dengan adanya sektor industri dan semakin berkembangnya sektor pariwisata yang menopang Kota Batam, para pengembang menjadi terdorong untuk membangun hunian. Selain hunian, para pengembang juga semakin agresif untuk menambah proyek-proyek properti yang lain seperti apartemen, hotel, mall hingga kawsan industri baru.

Meskipun pengembang yang memiliki proyek di Kota Batam semakin banyak, namun karena para pengembang tersebut memiliki segmentasi pasar yang berbeda-beda maka terjadi persaingan yang sehat antar pelaku bisnis.

Artikel By : https://www.sewakantor-update.com

Related Pos :

Pelaku Usaha Makin Optimis Dengan Kondisi Ekonomi RI

Ingin Berhemat Dengan Mudah, Lakukan 5 Hal Ini

WhatsApp chat