News

sewakantor-update.com

Ingin Berhemat Dengan Mudah, Lakukan 5 Hal Ini

Ingin Berhemat Dengan Mudah, Lakukan 5 Hal Ini
Ingin Berhemat Dengan Mudah, Lakukan 5 Hal Ini
Berhemat mungkin adalah kebiasaan yang sering kita ucapkan namun sangat jarang dilakoni. Pasalnya, melakukan sesuatu memang tidak semudah mengucapkannya. Banyak orang ingin hidup hemat dengan cara menekan pengeluaran bulanan, namun selalu saja ada godaan untuk membeli sesuatu. Pada akhirnya, kita akan merasa kesulitan saat tengah dihadapkan dengan kondisi darurat. Oleh karena itu, perlu diketahui tips dan trik menghemat uang agar pengeluaran tidak selalu terbuang percuma. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan. Lima Hal Untuk Menghemat Uang Secara Mudah
  1. Belajar Disiplin Mengatur Uang
Mengatur keuangan sebenarnya bukan hal yang sulit. Namun, kita juga perlu pemahaman dasar seputar isilah finansial. Ketahui apa itu cash flow, IRA, ROI dan lain sebagainya. Kesadaran akan menghemat uang bisa semakin tinggi. Semua istilah itu bisa kita temukan artinya di internet sehingga bisa segera dipelajari dan dipraktekkan.
  1. Buat Rekening Alternatif
Tidak sulit sebenarnya menyembunyikan uang. Buatlah rekening alternatif tanpa kartu ATM. Tiap rekening tabungan menerima gaji, transfer sejumlah tertentu ke rekening alternatif ini atau aktifkan opsi transfer otomatis supaya kita tidak perlu repot-repot mengirimnya secara manual. Agar saldo di dalam tabungan alternatif ini tidak dipakai sama sekali, cetak buku tabungan secara berkala tiap 4 sampai 5 bulan sekali. Jika menerima bonus, setor langsung dan apabila pendapatan bulanan mengalami kenaikan, maka setoran ke tabungan alternatif juga harus dinaikkan. Adanya rekening alternatif akan memaksa kita untuk menabung dan tidak menggunakan uang tabungan untuk hal-hal yang tidak terlalu diperlukan.
  1. Catat Pengeluaran dan Lakukan Evaluasi Berkala
Di samping memedulikan pendapatan, kita juga harus perhatikan pengeluaran. Ambil buku catatan dan pensil lalu catat semua pengeluaran yang dilakukan dalam satu bulan. Analisa mendalam semua pengeluaran tersebut dan cari tahu sektor mana yang dapat ditekan atau bahkan dihilangkan sama sekali karena dianggap tidak penting. Menekan pengeluaran bulanan ialah cara paling efektif dalam menghemat uang. Contohnya, kita dapat memangkas anggaran untuk makan di restoran yang dilakukan secara sering. Ganti dengan kegiatan lain yang lebih hemat seperti makan di warteg atau masak sendiri di rumah.
  1. Dukungan Partner
Dukungan pihak-pihak terkait yang dekat dengan kita akan sangat diperlukan agar pengeluaran bulanan dapat lebih mudah dikendalikan. Hal ini juga demi semangat dan kendali dalam upaya penghematan pengeluaran. Mintalah dukungan serta peran dari partner, seperti pasangan, orangtua atau teman terdekat. Ibu rumah tangga, misalnya, wajib melibatkan seluruh anggota keluarga dalam merasakan hidup hemat. Adanya dukungan ini akan membuat kita semakin semangat hidup hemat dan tidak membuat proses pengetatan ikat pinggang menjadi berat. Pastikan partner mengerti pentingnya penghematan yang kita lakukan dan mau membantu dalam prosesnya.
  1. Hindari Pembelian Mendadak
Jangan biasakan membeli sesuatu secara mendadak di luar pos pengeluaran bulanan, apalagi jika sesuatu yang dibeli itu sifatnya tidak wajib. Mengeluarkan uang untuk barang-barang tidak penting, misalnya karena godaan diskon besar-besaran, termasuk pemborosan. Jangan mengambil keputusan yang berujung pada penyesalan di kemudian hari. Hal penting lainnya yang perlu jadi perhatian adalah pastikan kita membayar barang-barang yang dibeli secara tunai. Hindari penggunaan kartu kredit karena akan membawa dampak negatif bagi si pemilik, yaitu hutang yang menumpuk sebagai akibat dari pemakaian yang tak terkendali. Jika kebetulan memiliki kartu kredit, jangan letakkan dalam dompet dan bayar semua tagihan secara tunai. Artikel by : https://sewakantor-update.com Related News :
WhatsApp chat