News

sewakantor-update.com

Pelaku Usaha Makin Optimis dengan Kondisi Ekonomi RI

Pelaku Usaha Makin Optimis dengan Kondisi Ekonomi RI

Pelaku Usaha Makin Optimis dengan Kondisi Ekonomi RI

Dunia usaha tidak terlepas dari perekonomian suatu negara. Berbagai jenis usaha mulai dari usaha kecil, menengah, hingga usaha besar meramaikan perekonomian suatu negara, tidak terkecuali di Indonesia. Tidak hanya orang dewasa, para pemuda-pemudi di Indonesia pun kini tengah ikut meramaikan perekonomian dengan menjadi pengusaha muda. Pemerintah pun juga sangat mendukung dan mengupayakan berbagai cara agar pemuda di Indonesia bisa bekerja dan menjadi pengusaha. Hal itu tentunya bertujuan untuk membantu perekonomian negara di samping untuk memperoleh hasil dan kepuasan untuk dirinya sendiri. Akhir-akhir ini peluang pelaku usaha mempunyai harapan untuk menaikkan harga. Meskipun tidak sedikit tantangan yang dihadapi oleh perekonomian Indonesia.

Menjadi seorang pelaku usaha tentunya mempunyai keuntungan tersendiri, baik dari segi pendapatan untuk diri sendiri bahkan untuk negara. Peran pelaku usaha pun sangat signifikan terhadap kondisi perekonomian dalam negeri. Saat ini banyak orang yang berkecimpung dalam dunia usaha dan hal itu menjadi salah satu bukti bahwa kondisi ekonomi dalam negeri saat ini cukup membaik.

Bukti Kondisi Ekonomi Indonesia Saat Ini Membaik

Kondisi perekonomian dalam negeri menurut menteri keuangan, Sri Mulyani, dalam keadaan yang cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa indikator, diantaranya Indikator Purchasing Manager’s Index Indonesia yang mengalami kenaikan pada bulan April dengan jumlah 50,4 dan bulan Mei tercatat 51,6. Kenaikan tersebut menunjukkan bahwa produksi di dalam negeri masih berada dalam kondisi baik. Selain Purchasing Manager’s Index Indonesia (PMI), menteri keuangan Sri Mulyani menyebutkan bahwa dilihat dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) dalam negeri juga mengalami kenaikan. Kondisi tersebut meningkat jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

Dilihat dari Indeks Penjualan Riil kondisi ekonomi RI juga menunjukkan pertumbuhan yang sehat. Hal itu biasanya diakibatkan oleh permintaan yang melunjak pada bulan ramadan, misalnya pada kelompok sandang, pangan, budaya, maupun rekreasi. Indikator lain yang juga membuktikan bahwa ekonomi RI membaik yaitu Indeks Tendensi Bisnis (ITB). Berbagai indikator tersebut menunjukkan adanya peningkatan optimisme para pelaku usaha atau pelaku bisnis.

Dua Faktor yang Menyebabkan Peningkatan Optimisme Para Pelaku Usaha

Pelaku usaha mempunyai peluang yang cukup baik di bidang perekonomian. Hal itu dapat menambah sikap optimis para pelaku usaha. Peningkatan optimisme tersebut juga dipengaruhi setidaknya dua faktor. Pertama, persepsi positif terhadap lapangan kerja yang kini sudah tersedia dan pembelian barang-barang yang tahan lama. Adanya ketersediaan lapangan kerja membuat pelaku usaha tidak mempunyai ketakutan yang berlebihan untuk memulai suatu usaha dikarenakan adanya ketersediaan lapangan kerja. Kedua, anggapan terhadap penghasilan yang sekarang ikut serta meningkat seiring dengan berjalannya penerimaan THR serta peningkatan dalam hal pendapatan usaha. Tidak dipungkiri bahwa penghasilan atau pendapatan suatu usaha berperan penting dalam sebuah usaha yang dijalankan. Apabila nilai penghasilan atau pendapatan meningkat, maka hal tersebut akan mempengaruhi persepsi para pelaku usaha untuk mempertimbangkan kembali usahanya.

Peningkatan optimisme tersebut meningkatkan kondisi perekonomian dalam negeri menjadi lebih baik. Dengan demikian, dampak yang diberikan terhadap penerimaan negara dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pun menjadi lebih baik dan positif. Penerimaan-penerimaan yang diterima negara sampai pada bulan Mei secara keseluruhan juga mengalami kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya. Sri Mulyani selaku menteri keuangan RI menghimbau agar usaha untuk meningkatkan pemerataan pembangunan, kesejahteraan, dan perekonomian masyarakat harus terus dilakukan.

Artikel By : https://www.sewakantor-update.com

Related Pos :

Pengembang Harap Perizinan Properti di Ibu Kota Baru Dipermudah.

Ingin Berhemat Dengan Mudah, Lakukan 5 Hal Ini

WhatsApp chat